Wisata Kuliner Cirebon Yang Biasa Dikunjungi Wisatawan

Jika Anda Wisata Kuliner Cirebon, jangan lupa untuk mencoba berbagai macam hidangan khasnya. Antara lain empal gentong, nasi jamblang, dan nasi lengko.

1. Empal Gentong Haji Apud

Tempat makan yang sudah berdiri sejak 1994 ini dikenal sebagai lokasi legendaris yang menyediakan empal gentong dan empal asam. Kedai ini memiliki tiga cabang di Kota Cirebon yakni Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi, Jalan Juanda, dan kawasan Batik Trusmi. Kedai yang awalnya menjual dagangannya menggunakan gentong yang dipikul ini memasak empal gentong beserta rempah langsung di dalam gentong. Kemudian, dimasak menggunakan kayu akar.Makan empal gentong lebih nikmat disajikan dengan satu porsi sate kambing sebagai makanan pelengkap.

2. Nasi Jamblang

Tempat lain yang wajib dicoba saat berkunjung ke Cirebon adalah Nasi Jamblang Mang Dul. Kedainya yang tak pernah sepi oleh pengunjung ini berada di ruko seberang Grage Mall, tepatnya di Jalan Kartini. Aneka lauk dihidangkan langsung secara prasmanan. Mulai dari tahu kuah, daging sapi, perkedel, ikan asin, pepes, dan yang paling terkenal adalah sambel ala jamblang. Harganya yang murah juga menjadi nilai tambah kedai ini.Yang membuat khas dari makanan ini adalah di setiap porsi nasinya dibingkus dengan menggunakan daun jati atau daun jamblang membuat aroma nasinya menggugah selera anda.

3. Nasi Lengko

Lengko yang berarti “langka” digambarkan sebagai makanan untuk rakyat biasa karena lauknya yang tidak banyak. Menu sederhana ini berisikan nasi putih dengan tempatnya yang sederhana ini tak pernah sepi pembeli. Warung makan yang berada di Jalan Dr Cipto Mangunkusumo ini menjual nasi lengko dengan harga Rp 13.000 saja.Makan nasi lengko sangat dianjurkan dengan menu tambahan sate kambing muda,perpaduan makanan ini menambah nikmat saat anda melahapnya.

Respond For " Wisata Kuliner Cirebon Yang Biasa Dikunjungi Wisatawan "

  • Daftar Situs Sejarah Cirebon Yang Terkenal - LovaTrans Maret 31, 2019 07:59

    […] lorong-lorong yang berliku dan gelap menyerupai gua, maka situs tersebut dikenal dengan nama Gua Sunyaragi. Akan tetapi situs tersebut sebenarnya merupakan taman klangenan atau taman sari, yang karena […]
    • admlovatrans@gmail.com Admin Agustus 28, 2019 23:00

      ok